K13 - Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU No. 20 Tahun 2003).
Pengertian Hots
Demikian Gambaran Umum K13 revisi 2017
Pengertian Hots
Kemampuan
berpikir yang tidak sekadar mengingat
(recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite)
Soal-soal
HOTS mengukur kemampuan:
1)
transfer satu konsep ke konsep lainnya,
2)
memproses dan menerapkan informasi,
3)
mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
4)
menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah,
5)
menelaah ide dan informasi secara kritis.
Karakteristik Hots
1.
Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan
aspek ingatan atau pengetahuan,
Ciri-ciri
berpikir tingkat tinggi, kemampuan:
–
menemukan
–
menganalisis
–
menciptakan metode baru
–
mereflksi
–
memprediksi
–
berargumen
–
mengambil keputusan yang tepat
2.
Berbasis permasalahan kontekstual;
3.
Stimulus menarik;
4.
Tidak Rutin.
Model-model Pembelajaran
•
Model Penyingkapan (Discovery Learning)
•
Model Penemuan ( Inquiry Learning)
•
Model Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL)
•
Model Berbasis Proyek
(Project-Based Learning/PjBL)
•
Model Interaksi Sosial (The Social Interaction Family)
•
Model Investigasi Berkelompok
•
Model Penelitian Sosial
•
Model Bermain Peran
Model Pembelajaran
1.
Model Interaksi Sosial (The Social Interaction Family) Bruce Joyce dan Marsha
Weil
• Model Investigasi Berkelompok
• Model Penelitian Sosial
• Model Bermain
Peran
2. Model Pengolahan Informasi
• Model Pencapaian Konsep
• Model Berpikir
induktif
• Model Pemandu Awal
3. Model Personal
• Model Sinektik
• Model
Latihan Kesadaran
• Model Pertemuan Kelas
4. Model Modifikasi Tingkah Laku
•
Model Belajar Tuntas
• Model Latihan Asertif
• Model Pembelajaran Langsung
5.
Model Pembelajaran Mata Pelajaran Tertentu
• Task Based Learning (untuk Bahasa
Inggris)
• Two Stay and Two Stray (untuk Ekonomi)
• Content and Language
Integrated Learning ( untuk Bahasa)
• Peer Instruction (Fisika)
6. Model
Pembelajaran Quantum
- Pembelajaran bertujuan mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten, dan literat. Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan pengalaman belajar yang bervariasi mulai dari yang sederhana sampai pengalaman belajar yang kompleks. Dalam kegiatan tersebut guru harus melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang relevan;
- Pembelajaran dalam setiap mata pelajaran terkait dengan kompetensi universal dan konteks yang harus memacu peserta didik untuk memiliki ketrampilan berpikir dari yang sederhana (LOTS) menuju berpikir tingkat tinggi (HOTS);
- Kegiatan pembelajaran tersebut tidak dapat sekaligus dilaksanakan, tetapi sedikit demi sedikit melalui perkembangan: dari LOTS menuju HOTS, sehingga pada akhirnya HOTS menjadi karakter peserta didik;
- Melalui pembelajaran tersebut pada akhirnya dapat mengahasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten, dan literat untuk siap menghadapi tantangan Abad 21.
Demikian Gambaran Umum K13 revisi 2017
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya