Gambaran Umum K13 revisi 2017

K13 - Kurikulum adalah  seperangkat rencana  dan  pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan   pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran    untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU No. 20 Tahun 2003).

Pengertian Hots
Kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite)

Soal-soal HOTS mengukur kemampuan:
1) transfer satu konsep ke konsep lainnya,
2) memproses dan menerapkan informasi,
3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda,
4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah,

5) menelaah ide dan informasi secara kritis.

Karakteristik Hots
1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan,
   Ciri-ciri berpikir tingkat tinggi, kemampuan:
– menemukan
– menganalisis
– menciptakan metode baru
– mereflksi
– memprediksi
– berargumen
– mengambil keputusan yang tepat

2. Berbasis permasalahan kontekstual;
3. Stimulus menarik;
4. Tidak Rutin.

Model-model  Pembelajaran
• Model  Penyingkapan (Discovery Learning)
• Model  Penemuan ( Inquiry Learning)
• Model  Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL)
• Model  Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PjBL)
• Model  Interaksi Sosial (The Social Interaction Family)
• Model  Investigasi Berkelompok
• Model  Penelitian Sosial
• Model  Bermain Peran

Model Pembelajaran 
1. Model Interaksi Sosial (The Social Interaction Family) Bruce Joyce dan Marsha Weil 
• Model Investigasi Berkelompok 
• Model Penelitian Sosial 
• Model Bermain Peran 

2. Model Pengolahan Informasi 
• Model Pencapaian Konsep 
• Model Berpikir induktif 
• Model Pemandu Awal 

3. Model Personal 
• Model Sinektik 
• Model Latihan Kesadaran 
• Model Pertemuan Kelas 

4. Model Modifikasi Tingkah Laku 
• Model Belajar Tuntas 
• Model Latihan Asertif 
• Model Pembelajaran Langsung 

5. Model Pembelajaran Mata Pelajaran Tertentu 
• Task Based Learning (untuk Bahasa Inggris) 
• Two Stay and Two Stray (untuk Ekonomi) 
• Content and Language Integrated Learning ( untuk Bahasa) 
• Peer Instruction (Fisika) 

6. Model Pembelajaran Quantum


  • Pembelajaran bertujuan  mengembangkan bakat,  minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter,     kompeten, dan literat.  Untuk  mencapai  hasil tersebut diperlukan  pengalaman belajar  yang    bervariasi  mulai dari yang sederhana  sampai pengalaman belajar yang  kompleks. Dalam  kegiatan  tersebut   guru harus    melaksanakan pembelajaran   dan      penilaian          yang    relevan;
  • Pembelajaran dalam  setiap   mata    pelajaran          terkait  dengan           kompetensi      universal          dan      konteks            yang    harus                memacu       peserta didik    untuk   memiliki          ketrampilan     berpikir            dari      yang   sederhana        (LOTS)            menuju            berpikir            tingkat tinggi   (HOTS);
  • Kegiatan pembelajaran         tersebut           tidak    dapat   sekaligus         dilaksanakan,  tetapi   sedikit demi    sedikit melalui perkembangan:            dari LOTS       menuju HOTS, sehingga          pada   akhirnya          HOTS  menjadi           karakter           peserta didik;
  • Melalui          pembelajaran   tersebut           pada    akhirnya          dapat mengahasilkan lulusan yang    berkarakter,     kompeten, dan  literat   untuk   siap      menghadapi     tantangan        Abad   21.       


Demikian Gambaran Umum K13 revisi 2017

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya