KONSEP: STRUKTUR KURIKULUM
A. Kompetensi
Peserta memiliki pemahaman
yang baik tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia sebagai landasan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan PAUD di
tempat peserta diklat bekerja.
B. Indikator
1.
Memahami pengertian
Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini.
2.
Memahami Rasional
Pengembangan Kurikulum 2013
Pendidikan Anak Usia Dini.
3.
Memahami Karakteristik
Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini.
4.
Memahami Tujuan
Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini.
5.
Memahami Landasan Dalam Pengembangan
Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini.
6.
Memahami pengertian Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
7.
Memahami Standar Tingkat Pencapaian
Perkembangan Anak (STTPA) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
8.
Memahami Kompetensi Inti Dan Kompetensi
Dasar Peserta
Didik pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
9.
Memahami Muatan Pembelajaran
dalam Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini.
10.
Memahami Program Pengembangan
dalam Kurikulum
2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
11.
Memahami Beban Belajar dalam
Kurikulum 2013 Pendidikan
Anak Usia Dini.
12.
Memahami Indikator Perkembangan dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
C. Materi dan Sub Materi
Materi
yang ada dalam modul ini adalah:
1.
Pengertian Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
2.
Rasional Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia
Dini.
3.
Karakteristik Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
4.
Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
5.
Landasan Dalam Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia Dini.
6.
Pengertian Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
7.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA)
pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia
Dini.
8.
Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Peserta Didik pada
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
9.
Muatan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia
Dini.
10.
Program Pengembangan dalam
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
11.
Beban Belajar dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
12.
Indikator Perkembangan
dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
D. Metode
1.
Ceramah
2. Curah pendapat
3. Penugasan (individu dan
kelompok)
4. Diskusi
5. Kerja kelompok
6. Presentasi Hasil kerja
kelompok
E. Penilaian
1.
Test (Pre test dan post test)
2. Observasi
3. Hasil Penugasan individu dan
kelompok
F. Alokasi Waktu
Alokasi waktu penyampaian materi perencanaan
pembelajaran selama 6 jpl, terdiri dari 2 jpl teori dan 4 jpl
praktek, alokasi waktu 1 (satu) jpl
adalah 60 menit.
G. Sumber Belajar
1.
PP 32 tahun 2013 tentang perubahan PP 19 tahun 2009 tentang
Standar Nasional Pendidikan
2. Permendiknas No. 58 tahun
2009 tentang Standar PAUD
3. Permendikbud No. Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013
Pendidikan Anak Usia Dini.
4.
Kurikulum PAUD 2013: Pemetaan Kesiapan Belajar Anak,
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Dan Indikator Perkembangan, Pendidikan Anak
Usia Dini (Lahir-6 Tahun)
5. Modul Struktur dan Muatan
Kurikulum
6. Modul KTSP
7. Modul Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
8. Modul Pelaksanaan
Pembelajaran
9.
Modul Evaluasi Pembelajaran
H. Media dan Peralatan Pelatihan
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Screen
4.
Kertas plano
5.
ATK (spidol/marker, pen)
6.
Kertas HVS
7.
Papan whiteboard
8.
Kertas Metaplan
Selengkapnya, silahkan download
Demikian Materi Pelatihan K13 PAUD
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya