Panduan Penulisan Deskripsi Raport K13 edisi revisi 2018/2019

Menginjak tahun pelajaran 2018/2019 sudah ditetapkan beberapa sekolah untuk melaksanakan kurikulum 2013 mulai dari SD, SMP, SMA, hingga SMK.

Dengan melaksanakan Kurikulum 2013, atau sekarang dikenal dengan istilah kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional. tentunya para guru perlu tahu cara penulisan deskripsi sikap pada K13 hasil revisi. Nah, berikut beberapa contoh terkait Panduan Penulisan Deskripsi Raport K13 edisi revisi 2018/2019. Pada penulisan deskripsi penilaian K13 hasil revisi untuk penulisan raport dengan dua kompetensi sikap spritual dan sosial edisi K13 revisi akhir 2018/2019 harus dicermati cara penulisan hasil belajar melalui deskripsi pada aspek sikap yang akan diolah.

Kenaikan Kelas pada K13
Hasil belajar yang diperoleh dari penilaian oleh guru digunakan guna penentuan kenaikan kelas siswa.  Seorang siswa dinyatakan tidak naik kelas apabila hasil belajar dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan, keterampilan belum tuntas dan/atau sikap belum baik.
Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) tidak berlaku bagi peserta didik SDLB/SMPLB/SMALB/SMKLB.

[info menarik lainnya, Penilaian spiritual hanya milik guru Agama dan PKn]

Cara Menulis Deskripsi Penilaian Sikap pada K13 Revisi
 contoh deskripsi penilaian sikap spritual oleh wali kelas.
Tono:
Selalu bersyukur dan berdoa sebelum melakukan kegiatan serta memiliki toleran pada agama yang berbeda; ketaatan beribadah mulai berkembang.

Contoh kesimpulan hasil deskripsi penilaian sikap sosial oleh wali kelas
Tono;
Memiliki sifat santun, disiplin dan tanggung jawab yang baik, responsif dalam pergaulan; sikap kepedulian meningkat.

Pada 2 aspek kesimpulan hasil deskripsi tersebut bisa ditarik kesimpulan. 

kalimat"mulai berkembang",menjadi deskripsi yang muncul apabila siswa kita pada penilaian kurikulum 2013 berada pada rentang nilai cukup/kurang maka memunculkan kalimat mulai berkembang.

Sebalik nya pada kalimat  "kepedulian meningkat" ini berada pada rentang nilai baik.



BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya